img_3836

Majalengka Gelar Lokakarya Desa 2.0

img_3765 img_3836

Gerakan Desa Membangun (GDM) wilayah Majalengka akan menggelar Lokakarya Desa Membangun di Desa Garawastu, Kecamatan Sindang, Kabupaten Majalengka. Lokakarya akan diikuti oleh 40 dari Majelengka, Tasikmalaya, dan Banyumas selama dua hari, dari 24-25 November 2012.

Lokakarya Desa Membangun akan membahas tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk tata kelola sumber daya desa, tata layanan publik yang prima, dan penyebarluasan informasi desa.

Sejumlah tokoh GDM juga akan hadir, seperti Yana Noviadi (Kepala Desa Mandalamekar, Tasikmalaya), A Budi Satrio (Kepala Desa Melung, Banyumas), Kominfo Majalengka, Blankon Cherbon, Jarik Cirebon, Majelengka Goes Open Source (Manggoes), Sutardjo Ps (PNPM Majalengka), Antok Suryaden (Presiden Blogger Nusantara), Kodirin (Kepala Dusun Karangnangka, Banyumas), Didi Sugandi (Lawang Tani), dan M Fatullah (Infest Yogyakarta).

Pada acara itu juga akan dilakukan telekonferensi dengan Wakil Ketua Pansus Rancangan Undang-Undang Desa (RUU Desa), Budiman Sudjatmiko, yang batal hadir karena masih berada di Manila, Philipina. Hal itu menunjukkan GDM mampu meretas jarak dan waktu melalui dukungan TIK.

Selama lokakarya antardesa akan belajar pemanfaatan website, aplikasi Mitradesa, sistem operasi BlankOn Linux, radio komunitas, internet sehat, menulis berita desa, dan media jejaring sosial.