20141210_115411

Perangkat Desa Tanjungsari Belajar Lebih Mengenal Website Desa

20141210_115411Tanjungsari Tempat pelatihan mengenal Website Desa digelar di Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka. sebanyak 13 peserta dari 3 Desa yaitu Desa Ciomas, Desa Palabuan dan Desa Tanjungsari mengikuti pelatihan ini yang diselenggarakan atas kerjasama Pemerintahan Desa Tanjungsari dengan Relawan TIK Majalengka pada 10/12/2014, ini di Balai Desa Tanjungsari.

Pelatihan sebelumnya dilaksanakan di Desa Maja Selatan (Lokakarya Desa 2.0 ) dan hotel putra Jaya, Kabupaten Majalengka, pada minggu lalu. Dalam pelatihan ini peserta belajar tentang Website Desa selain daripada itu peserta juga diperkenalkan pembuatan Email, facebook,Twitter dan pembuatan berita dalam website desa yang nantinya akan digunakan sebagai media penyampai informasi desa20141210_095857

Dari 13 peserta ini, mereka memiliki latar belakang berbeda. Ada pamong desa, karangtaruna, RT, dan operator desa.

Kepala Desa Tanjungsari melalui Kepala Urusannya untuk program ini Tarwidi, mengatakan, peranan media Internet ini membantu pemerintah secara tidak langsung dalam menyampaikan informasi yang perlu segera diperbaikiki oleh pemerintah setempat.

“Salah satunya pelayanan publik bagi masyarkat. Misalnya, angka kematian bayi di wilayah ini cukup tinggi. Peran dukun beranak masih dominan. Lalu ada juga dibidang pendidikan transfaransi dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) banyak pihak tidak tahu informasi,” kata Tarwidi (47).

20141210_12355920141210_104934“Pemerintah itu memberikan fasilitas baik kepada publik. Internet merupakan cikal bakal dari informasi cepat sebagai pewarta warga dalam website desa seperti Menjaring Aspirasi Masyarakat (JARING ASMARA), ini akan lebih menciptakan tata kelolah pemerintah yang baik,” kata dia, pada saat memberikan kata sambutan pada saat memberikan kata sambutan pada pelatihan Pembelajaran internet ini yang mengambil tema ’Membangun Partisipasi Masyarakat dalam Membangun Palayanan Publik’ di Balai Desa Tanjungsari.harapnya.

Relawan Teknologi Informasi (RTIK) Majalengka melalui anggotanya menyatakan, web desa berperan penting dalam hal informasi publik di setiap wilayah. “Mendorong warga dalam menginformasikan pembangunan daerah. Agar masyarakat tahu perkembangan pembangunan daerah. Pemerintah desa mampu menyebarluaskan isu-isu perdesaan melalui website desa berdomain DESA.ID. Di sini lah pentingnya jurnalisme warga,” kata Gian Tantowi.

 

sumber : tanjungsarisukahaji.desa.id