IMG_6996

In House Training Desa 2.0 Desa Muktisari

IMG_6996

Sabtu, 14 Pebruari 2015 bertempat di ruangan balai desa, pemerintah Desa Muktisari yang bekerjasama dengan Relawan TIK Majalengka menggelar kegiatan “In House Training Desa 2.0.” kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan status desa dari desa biasa menjadi desa yang luar biasa. Pasalnya diacara ini desa diajak untuk lebih mampu lagi dalam pengembangan dunia IT terutama dalam sistem informasi desa. Desa dituntut untuk bisa menginformasikan setiap potensi yang dimilikinya kepada masyarakat baik masyarakat di desa yang bersangkutan ataupun masyarakat luar. Peserta yang hadir dalam kegiatan itu adalah seluruh perangkat desa Muktisari dan desa desa lain seperti Desa Cikondang, Desa Ciranjeng, Desa Cimanggu girang, Desa Wangkelang, Desa Sedarja, Desa Kondangmekar, dan Desa Sukasari (Kec. Cikijing), bahkan hadir pula peserta dari unsur Kecamatan Cingambul. Sedangkan dari Relawan TIK Majalengka dipimpin langsung oleh Kang Azis Amrulloh dan Wa Aboer. Acara In House Training ini dibuka langsung oleh Kepala Desa Muktisari Drs. Eba Muhamad Fauzi.

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi kegiatan ini kepala desa yang gemar bertani dan berkebun ini mengatakan bahwa kegiatan ini harus dimanfaatkan oleh perangkat desa Muktisari dan desa desa yang hadir, karena melihat dari tujuannya sangatlah baik. Desa sekarang harus sudah melek IT, desa harus bisa menginformasikan potensinya kepada orang luar, dan desa harus bisa berinternet.

Setelah dibuka oleh Kepala Desa, Acara dilanjutkan dengan penyerahan kaos Desa.id kepada Kepala Desa Muktisari dan Sekretaris Desa sekaligus pengelola website desa oleh Relawan Tik Majalengka sebagai simbol bahwa Desa Muktisari telah resmi bergabung di Desa.id yaitu desa yang telah memiliki website desa dengan menggunakan status desa.id (http//www.muktisari.desa.id)

Acara selanjutnya merupakan acara training yang dipandu langsung oleh Tim dari RTIK Majalengka. Azizs Amrullah pemateri pertama dalam pembahasannya lebih kepada seputar pengenalan internet dan pembuatan email dengan mangambil tema “Untuk Apa dan Untuk Suapa”. Dalam sesi ini peserta lebih diajak untuk mengenal lebih jauh tentang manfaat internet dan bagaimana cara menggunakannya. Walaupun peserta sudah terbiasa berinternet, namun kenyataannya tidak untuk desa, nah diawali dengan tujuan ingin membangun desa maka peserta diajak terlebih dahulu membuat email desa, sebab dalam berinternet desa harus menggunakan emal yang bersetatus desa.

Email sudah dibuat dengan nama desa masing-masing, selanjutnya peserta diajak untuk mengenal media sosial, bahkan harus membuatnya dengan akun desa. Media sosial yang dibuat adalah Facebook dan Twetter dengan dengan menggunakan email yang telah dibuat tadi.

Pemateri kedua masih dari Relawan TIK Kang Eman sekdes Banjaran lebih mengedepankan seputar permasalan yang ada di desa. Tip dan trik pengelolaan pemerintahan desa beliau sampaikan terutama dalam pengelolaan administrasi desa.

Diakhir acara diagendakan untuk Rencana Tindak Lanjut (RKTL), acara akan digelar kembali yaitu In House Training Desa 2.0 ke 2 dua minggu kedepan dengan pembahasan yang lebih menarik lagi karena diharapkan pertemuan akan datang desa desa yang hadir sudah semua memiliki website desa dan akan dibahas bagaimana cara mengelolanya.

Dengan adanya kegiatan In House Training Desa 2,0 ke 1 ini semua peserta merasa puas dan siap untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

 

sumber : muktisari.desa.id